Signal App, Aplikasi Pesan Instan Teraman Saat ini, Ayo Segera Daftar

  • Whatsapp
Signal App, Aplikasi Pesan Instan Teraman Saat ini
Signal App, Aplikasi Pesan Instan Teraman Saat ini
Signal App, Aplikasi Pesan Instan Teraman Saat ini
Signal App, Aplikasi Pesan Instan Teraman Saat ini

Signal App aplikasi pesan instan yang lagi populer karena tweet dari Elon Musk pendiri Tesla. Kabarnya Signal App memiliki sistem perpesanan paling aman saat ini. Mengapa bisa demikian? Simak ulasannya!

Signal App merupakan aplikasi pesan instan yang berbasis online seperti halnya aplikasi perpesanan Whatsapp dan Telegram. Signal bisa dipakai lintas platform mulai dari HP Android, Apple atau HP dengan sistem operasi IOS.




Selain bisa berjalan pada mobile atau HP, Signal juga dapat digunakan pada dekstop dengan sistem operasi Windows, Mac ataupun Linux.

Signal vs Telegram vs Whatsapp Siapa yang Paling Aman? Ayo Simak Faktanya!

Signal didirikan pada tahun 2018 oleh Brian Acton yang tak lain adalah salah satu pendiri Whatsapp. Kabarnya Acton keluar dari Whatsapp karena adanya konflik dengan CEO Facebook terkait dengan Monetize di aplikasi ( inet.detik.com)

Signal App memiliki fokus utama pada privasi pengguna. Karena demikian membuat aplikasi ini banyak dipakai oleh para jurnalis di luar sana. Mungkin kalau di Indonesia belum begitu besar penggunanya.

Kepopuleran Signal melonjak setelah adanya dukungan dari pendiri Tesla dan SpaceX yaitu Elon Musk. Selain itu orang penting lainnya yang mendukung seperti Edward Snowden mantan agen CIA, serta Jack Dorsey CEO Twitter dan Square.

Fitur-fitur pada Signal App

Signal memiliki fitur unggulan untuk memberikan pengalaman berbeda pada penggunanya. Apa saja fitur-fiturnya itu? Simak dibawah ini.

25 Fitur Telegram yang Berguna Sekali, Ayo Simak Tipsnya

Membagikan Pesan dengan Aman

Perpesanan pada signal sudah dienkripsi menggunakan end-to-end, yang berarti bahwa pihak ketiga selain pengguna yang berkaitan tidak bisa membacanya.

Signal disinyalir aman karena pihaknya tidak menyimpan data penggunanya. Hal ini sudah diungkapkan oleh Forbes dimana perbandingan yang terdapat pada meta datanya. Perbandingannya bisa di lihat pada gambar dibawah ini.

Perbandingan metadata pada Signal app, iMessage, Whatsapp dan Facebook Messengger
Perbandingan metadata pada Signal app, iMessage, Whatsapp dan Facebook Messengger (Forbes)

Selain engkripsi pesan end-to-end pihaknya juga menerapkan enkripsi modern lainnya. Semua pesan dari teks, gambar, video, sticker dan lainnya serta panggilan akan dienkripsi sepenuhnya.

Pada halaman privasinya, pihaknya juga menyatakan bahwa Signal tidak menjual, menyewakan, atau memonetisasi data atau konten pribadi Anda dengan cara apa pun – selamanya.

Selain itu pada privasinya juga menyatakan pihaknya tidak bisa mendekripsi pesan yang dikirim oleh pengguna karena sudah menggunakan enkripsi end-to-end. Semua history percakapan Anda sepenuhnya disimpan di perangkat Anda bukan di server Signal.

Informasi teknis tambahan yang disimpan di server Signal, termasuk token otentikasi yang dibuat secara acak, kunci, token push, dan materi lain yang diperlukan untuk membuat panggilan dan mengirimkan pesan.

Signal membatasi informasi teknis tambahan ini seminimal mungkin untuk mengoperasikan Layanan.

Disappearing Message atau Menghapus Pesan Otomatis

Untuk menambah privasi pengguna, pihaknya juga menyematkan fitur Disappearing Message atau menghapus pesan secara otomatis.

Untuk mengatur penghapusan pesan otomatis, Anda bisa menyetingnya manual. Caranya yaitu anda klik percakapan yang dipilih. Kemudian pada pojok kanan atas terdapat titik 3 vertikal kemudian klik.

Klik menu disappearing messages, pilih waktu yang dikehendaki. Mulai dari 5 detik, 10 detik, sampai yang terlama 1 minggu. Kemudian tekan OK untuk menyimpan perubahannya.

Mengunci Aplikasi dan Memblok Screenshot

Pada signal Anda juga bisa memberikan ektra keamanan yaitu dengan mengaktifkan kunci layar atau Screen lock. Jika fitur ini diaktifkan maka ketika membuka aplikasi Anda harus menggunakan sidik jari.

Selain itu fitur keamanan lainnya yaitu Screen Security. Pada fitur ini nanti pengguna lain tidak bisa menangkap layar perpesanan atau screenshots. Jadi percakapan Anda tentunya akan lebih privasi.

Untuk menyeting keamanan layar, Anda bisa masuk ke menu SettingĀ kemudian klik menu Privacy. Pada App Acces Anda tinggal menggeser tombol disamping kanan untuk mengaktifkannya. Mudah bukan!

Fitur PIN

Fitur ini sangat penting untuk keamanan. Jika pengguna sudah mengaktifkan pin maka ketika Anda menguninstall atau meregistrasi ulang dengan perangkat berbeda namun dengan nomor yang sama maka Anda harus menginputkan PIN nya.

Fitur PIN ini juga membuat keamanan ekstra dimana orang lain tidak dapat meregistrasikan nomor telepon yang sama pada aplikasi Signal di perangkat lain.

Download Signal App

Untuk mendownloadnya Signal Anda bisa mengunjungi website resminya di signal.org atau bisa klik Link ini.

Anda juga bisa mendownload langsung melalui link dibawah ini.

Signal for Android

Signal for IOS

Signal for Windows

Signal for Mac

Signal for Linux

Signal APK Alternatif 1

Signal APK Alternatif 2

Cara Daftar Akun Signal

Pertama-tama Anda harus download dulu aplikasi Signal sesuai dengan perangkat Anda. Setelah itu buka aplikasinya.

Pada halaman depan tertulis tagline dari Signal yaitu Jaga Privasimu, Jadilah dirimu sendiri pada setiap pesan. Kemudian klik Lanjutkan.

Pada halaman berikutnya pilih negara Indonesia, dan masukkan nomor HP Anda yang aktif. Setelah itu tunggu beberapa saat sampai Signal mengkonfirmasi kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor HP.

Berikutnya Anda diminta untuk mengupload foto profil, nama depan dan nama belakang Anda. Kemudian Anda diminta untuk membuat PIN. Pin terdiri minimal 4 digit, setelah itu konfirmasi PIN yang sudah dibuat tadi. Signal app sudah siap digunakan.

Penutup

Demikian mengenai artikel Signal App, Aplikasi Pesan Instan Teraman Saat ini. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mengetahui fakta-fakta dari Signal app. Kritik dan saran bisa disampaikan melalui email balikbatublog@gmail.com. Agar artikel Balikbatu bisa konsisten dan memberikan informasi yang faktual. Sekian terima kasih.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *