Ketik eformbri co id bpum untuk Cek Daftar Penerima BLT BPUM 2.4 Juta

  • Whatsapp

Ketikkan eformbri co id bpum pada google atau browser, untuk mengecek daftar penerima BLT BPUM 2.4 Juta. Segera cek sebelum bantuan ini ditutup!

Ketik eformbri co id bpum untuk Cek Daftar Penerima BLT BPUM 2.4 Juta
Ketik eformbri co id bpum untuk Cek Daftar Penerima BLT BPUM 2.4 Juta

Pemerintah terus mengupayakan agar pelaku UMKM tetap mendapatkan BLT BPUM 2.4 Juta Rupiah, sebagai upaya dalam membangun ekonomi pada era pandemi covid-19 ini.

Pelaku UMKM yang memang terdampak diharapkan segera mengecek data diri apakah sebagai penerima bantuan atau tidak. Karena kurangnya masyarakat membaca informasi mengakibatkan banyak penerima tidak mendaftarkan diri.

Dikutip dari pikiran-rakyat.com bahwa pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UMKM menargetkan sekitar 15 juta pelaku usaha mikro untuk menerima bantuan ini.

Hal ini juga disampaikan Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UMKM RS Hanung Harimba. Pencairan bantuan BLT BPUM 2.4 juta sudah terserap kepada sekitar 9 juta pelaku usaha. Total anggaran tahap I sebesar 22 triliun.

Bantuan BLT BPUM 2.4 Juta juga akan dilanjutkan pada tahap II. Dan nantinya program ini direncanakan berakhir pada akhir Desember 2020.

Cara mengecek daftar penerima BLT BPUM

Bagi pelaku usaha yang baru mendengar program bantuan ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkah ini agar mendapatkan bantuan BLT BPUM.

Pertama yaitu untuk mengecek nomor KTP terlebih dahulu. Karena sebagian pelaku usaha mikro sudah terdaftar secara otomatis pada database pemerintah.

Caranya yaitu buka hp atau smartphone Anda. Cari aplikasi google atau chrome atau browser lainnya. Ketikan eformbri co id bpum. Klik pada link yang atas sendiri.

Setelah itu tunggu beberapa saat, dan tampil halaman untuk cek penerima BPUM. Masukkan nomor KTP atau NIK. Isikan kode verifikasi sesuai dengan yang ditampilkan. Selanjutnya klik Proses Inquiry.

Nanti jika nomor KTP Anda terdaftar sebagai penerima bantuan BLT BPUM, maka Anda bisa segera mencairkan dana di kantor cabang BRI terdekat.

Anda tinggal membawa KTP asli dan fotocopy KTP untuk pencairan dana. Usahakan untuk datang ke kantor BRI lebih awal, agar tidak mendapati antrean yang panjang.

Namun bagaimana jika Nomor KTP tidak terdaftar pada eformbri co id bpum?

Jangan khawatir, Anda akan tetap bisa mendapatkan bantuan ini, walau pada eformbri co id bpum nomor KTP tidak terdaftar.

Ada dua cara untuk mendaftarkan diri, yaitu secara online maupun offline. Untuk cara offline Anda harus mendatangi lembaga pengusul bantuan ini yaitu diantaranya sebagai berikut:

  • Koperasi Berbadan Hukum atau Lembaga
  • Dinas Koperasi dan UMKM setempat
  • Kementerian atau Lembaga
  • Perbankan atau Perusahaan pembiayaan (terdaftar di OJK)

Adapun syarat yang harus dipenuhi yaitu:

  • Warga negara Indonesia
  • Memiliki KTP
  • Memiliki Usaha Mikro
  • Bukan dari kalangan ASN/TNI/POLRI atau pegawai BUMN/BUMD
  • Tidak dalam pembiayaan/kredit dari perbankan/KUR

Adapun cara online yaitu anda tinggal membuka form yang diberikan di daerah masing-masing. Anda tinggal mengisi data diri sesuai dengan form yang diberikan.

Pastikan data yang diisi sesuai dengan keadaan sebenarnya. Mulai dari nama, tempat lahir, alamat, usaha dan lainnya. 

Anda juga akan disuruh untuk mengisi nomor ijin usaha sebagai bukti bahwa Anda memiliki usaha mikro/UMKM.

Lantas Bagaimana Cara Mendapatkan Nomor Ijin Usaha?

Tenang Anda jangan khawatir. Sekarang pengurusan ijin usaha mikro dapat dilakukan secara online dan mudah. Pemerintah sudah memberikan fasilitas untuk pelaku UMKM.

Anda tinggal klik app.oss.go.id dan lakukan pendaftaran.Yang perlu anda siapkan adalah NIK, Nomor KK, email aktif, dan nomor hp aktif.

Setelah berhasil mendaftarkan UMKM, maka Anda akan mendapat surat berupa PDF. 

Demikian artikel ketik eformbri co id bpum untuk cek daftar penerima BLT BPUM 2.4 juta. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk mendatpkan bantuan blt ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *