Kabar Terbaru Login info.gtk.kemdikbud.go.id/info gtk v.2020 Cek Penerima BSU Kemendikbud 1,8 juta

  • Whatsapp

Berikut kabar terbaru login info.gtk.kemdikbud.go.id/info gtk v.2020 untuk mengecek penerima BSU Kemendikbud sebesar 1,8 juta. Sekarang laman resmi info gtk sudah kembali normal. Ayo segera dicek statusnya.

Kabar Terbaru Login info.gtk.kemdikbud.go.id/info gtk v.2020 Cek Penerima BSU Kemendikbud 1,8 juta
Kabar Terbaru Login info.gtk.kemdikbud.go.id/info gtk v.2020 Cek Penerima BSU Kemendikbud 1,8 juta

Sebelumnya laman info gtk kemdikbud untuk mengecek status penerima BSU 1,8 juta info.gtk.kemdikbud.go.id sering mengalami error  ‘502 Bad Gateway’ atau tidak bisa dibuka dikarenakan trafik pengunjung membludak.

Namun kabar baiknya sekarang laman info.gtk.kemdikbud.go.id sudah kembali nornal. Para guru honorer atau ptk non pns sudah bisa membukanya dengan lancar. Kemudian para GTK tinggal mengecek statusnya apakah termasuk penerima BSU Kemdikbud atau tidak.

Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan bahwa BSU atau BLT guru honorer dan dosen akan diberikan secara bertahap sampai akhir November tahun 2020.

Program BSU Kemendikbu ini tidak diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) non-PNS yang sebelumnya sudah menerima BLT dari Kemnaker dan Kartu Prakerja. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Nadiem Makarim.

Nadiem Makarim menyebutkan alasan bantuan tidak akan diberikan kepada penerima BLT dari Kemnaker dan Kartu Prakerja, agar bantuan sosial ini diberikan dengan adil dan tidak tumpang-tindih. Apalagi dengan adanya pandemi covid-19 ini, semua sektor juga terkena akan dampaknya.

Untuk alur pencairan bantuan BSU ini, Kemdikbud telah membuatkan rekening-rekening baru di bank-bank untuk setiap PTK penerima BSU. Sehingga para Guru, Dosen, PTK tidak usah khawatir tidak memiliki rekening yang sama dengan bank penyalur.

Untuk mengetahui nomor rekeningnya, para guru, ptk dapat mengakes informasinya pada laman info.gtk.kemdikbud.go.id atau untuk dosen lewat laman pddikti.kemdikbu.go.id. Nantinya dibagian bawah akan terdapat informasi mengenai Nomor Rekening Baru.

Persyaratan untuk calon Penerima BSU Kemendikbud

Berikut ini persyaratan yang wajib dipenuhi untuk mendapatkan BSU Kemdikbud sebesar 1,8 juta:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan KTP

  2. Statusnya bukan PNS

  3. Memiliki gaji dibawah 5 juta/bulan

  4. Bukan termasuk dalam daftar Bantuan Subsidi Upah/Gaji dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker)

  5. Tidak tergabung dalam Kartu Prakerja sampai dengan tanggal 1 Oktober 2020

Setelah persyaratan sudah terpenuhi, dibawah ini langkah-langkah untuk mengecek apakah Anda mendapatkan BSU atau Tidak:

  1. Buka HP/Laptop kemudian login di laman  https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ atau https://pddikti.kemdikbud.go.id (bagi dosen)

  2. Setelah berhasil tampil halaman login masukkan email dan password yang sudah terverifikasi. Jika email salah atau lupa lakukan pengaturan ulang melalui aplikasi Dapodik sekolah setempat.

  3. Setelah masuk di halaman dashboard https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ , nantinya akan muncul informasi mengenai status Anda, apakah masuk nominasi penerima BSU atau tidak.

  4. Lihat pada tabel bagian bawah, jika terdapat data nomor rekening, dan bank penyalur, maka Anda tinggal menyiapkan dokumen persyaratan untuk pencairan dana BSU Kemdikbud 1,8 juta.

Cara Mencairkan BSU 1,8 juta untuk guru honore dan PTK non PNS

Berikut dokumen yang harus dibawa ketika pencairan bantuan BSU sesui dengan panduan program ini:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

  2. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) jika ada, kalau tidak ada masih bisa menerima

  3. Surat Keputusan Penerima BSU yang dapat diunduh di Info GTK atau  PDDikti

  4. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang dapat diunduh di Info GTK atau PDDikti, kemudian diberi materai serta ditandatangani.

Jika persyaratan sudah lengkap, PTK dapat mengunjungi bank penyalur dan melakukan aktivasi rekening serta bisa langsung mencairkan dan BSU tersebut. Batas aktivasi rekening adalah 30 juni 2021.

Demikian mengenai artikel Kabar Terbaru Login info.gtk.kemdikbud.go.id/info gtk v.2020 Cek Penerima BSU Kemendikbud 1,8 juta. Semoga artikel ini dapat membantu Anda semua.
   

Sumber: jurnalgarut.pikiran-rakyat.com dan kaltim.tribunnews.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *