Cara Mencairkan BPUM BRI TERBARU, Segera Cek Disini

  • Whatsapp
Cara Mencairkan BPUM BRI TERBARU
Cara Mencairkan BPUM BRI TERBARU
Cara Mencairkan BPUM BRI TERBARU
Cara Mencairkan BPUM BRI TERBARU

Cara mencairkan BPUM BRI bagi yang sudah mendapatkan SMS dari INFO BRI. Segera cek agar tidak ketinggalan mengenai info BPUM BRI. Akses eform.bri.co.id/bpum untuk cek status bantuan atau bisa download aplikasi di Play Store Android dengan kata kunci eform bri.

TERBARU!! Cara mencairkan BPUM BRI bagi masyarakat yang mendapatkan bantuan UMKM sebesar 2,4 juta rupiah agar tidak bolak balik mengurusnya di bank BRI.

Lantas bagaimana caranya untuk mencairkan bantuan ini? Yuk simak caranya dibawah ini.

Bacaan Lainnya

Langkah pertama yaitu akses Eform BRI. Anda bisa mendownload di Play Store dengan kata kunci Eform BRI atau dengan mengecek melalui browser. Ketikkan https eform.bri.co.id/bpum.

Baca juga:

Langkah kedua, masukkan NIK seperti dengan yang tertulis di KTP Anda. Masukkan kode verifikasi yang tampil pada layar kemudian cek. Jika pesannya Anda belum terdaftar maka Anda bisa mendaftarkan secara mandiri. Lakukan langkah seperti dibawah ini nanti.

Jika pesan yang muncul Anda terdaftar sebagai penerima bantuan BPUM 2,4 juta rupiah ini, Anda bisa menyiapkan persyaratannya untuk mencarikan BPUM di Bank BRI.

Persyaratan dan Cara Mencairkan BPUM BRI Terbaru

Anda bisa melihat persyaratannya secara umum di laman depkop.go.id atau Anda bisa mengunduh FAQ BPUM 2,4 juta ini di link berikut.

Jika setelah Anda mengecek nama Anda di eform.bri.co.id/bpum dan Anda masuk nominasi bantuan BPUM ini, maka langkah selanjutnya yaitu menyiapkan dokumen untuk pencairan dana bantuan.

Apa saja yang harus dipersiapkan? Simak dibawah ini.

  • Anda pergi ke kantor BANK BRI Terdekat, menemui satpam dan Minta formulir pencairan bantuan BPUM/UMKM
  • Kemudian Anda isi semua formulir tadi secara lengkap. Anda tanda tangani dan Anda Tanda Tangankan Kepala Desa sesuai dengan domisili KTP Anda.
  • Jangan lupa untuk Mencetak Foto Selfi di depan tempat Usaha Anda. Hal ini bertujuan untuk mengecek apakah Anda benar-benar memiliki usaha atau tidak. Dan jangan lupa memfoto tempat usaha Anda dari berbagai sisi.
  • Siapkan KTP Asli dan Fotocopy KTP
  • Siapkan KK dan Fotocopy KTP
  • Jangan Lupa siapkan Materai 6000, 3 lembar
  • Jika semua dokumen sudah siap, maka Anda pergi lagi ke kantor BANK BRI terdekat untuk mengumpulkan dokumen yang sudah disiapkan tadi.
  • Tunggu dokumen Anda di proses oleh petugas bank. Jika dokumen yang diterima Bank banyak atau melebihi batas harian, biasanya Anda akan disuruh datang lagi di hari berikutnya. Anda tinggal menyiapkan KTP untuk pengambilan dana bantuan BPUM 2,4 juta ini.

Demikianlah alur dan persyaratan cara mencairkan bpum BRI Terbaru sesuai pengalaman.

Baca juga:

Cara Daftar Bantuan BPUM BRI 2021

Walaupun banyak informasi-informasi mengenai bantuan presiden BPUM 2,4 juta ini, namun kenyataannya masih ada masyarakat yang belum mengetahuinya. Ada dari mereka yang sebenarnya menerima bantuan namun tidak tahu dan belum mendaftarkan ulang.

Jika Anda sudah mengetahui dan ingin melakukan pendaftaran ulang, Anda bisa membaca cara mencairkan bpum bri di bagian atas artikel ini.

Namun ada juga yang sudah tahu informasi ini, namun tidak terdaftar dalam program bantuan BPUM ini. Lantas bagaiman mengatasinya?

Untuk pendaftaran program bantuan BPUM tahap 3 ini ada dua cara yang bisa dilalui, yaitu dengan cara Online dan dengan cara Offline.

Khusus untuk cara online nanti akan dikelola oleh pemerintah daerah setempat. Oleh karena itu bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan bantuan ini adalah sering-sering membuka laman website resmi pemerintah daerah, ikuti media sosialnya jika ada mulai dari Twitter, Facebook, dan Instagram.

Untuk cara Offline yaitu dengan mendatangi kantor/lembaga pengusul yang sudah diusulkan oleh pemerintah. Lembaga tersebut antara lain:

  1. Kementerian/Lembaga
  2. Koperasi yang telah disahkan sebagai Badan Hukum
  3. Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM
  4. Perbankan dan perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK

Dokumen Pendaftaran Bantuan BPUM

Dokumen untuk pendaftarannya adalah sebagai berikut:

  1. NIK atau Nomor Induk Kependudukan
  2. Nama lengkap
  3. Alamat tempat tinggal sesuai KTP
  4. Bidang Usaha
  5. Nomor Telepon Aktif (depkop.go.id)

Baca juga:

Persyaratan Pendaftaran Bantuan BPUM

Namun tidak semua pelaku usaha dapat mendaftarkan bantuan BPUM ini. Untuk persyaratannya bisa dilihat dibawah ini:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Memiliki Usaha Mikro
  4. Bukan ASN, TNI/POLRI, serta Pegawai BUMN/BUMD
  5. Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR
  6. Pelaku usaha mikro harus mendapatkan rekomendasi atau usulan dari salah satu lembaga pengusul
  7. Bagi pelaku Usaha Mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda, dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU) (depkop.go.id)

Penutup

Demikian mengenai artikel Cara Mencairkan BPUM BRI TERBARU, Segera Cek Disini. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mengetahui cara mencairkan bpum bri. Kritik dan saran bisa disampaikan melalui email balikbatublog@gmail.com. Agar artikel Balikbatu bisa konsisten dan memberikan informasi yang faktual. Sekian terima kasih.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *