Cara Melembabkan Kulit Wajah dengan Pelembab yang Sesuai dengan Kulit

 

Cara Melembabkan Kulit Wajah dengan Pelembab yang Sesuai dengan Kulit
Cara Melembabkan Kulit Wajah dengan Pelembab yang Sesuai dengan Kulit

Cara melembabkan kulit wajah kaum hawa dengan pilihan pelembab yang sesuai dengan kulit. Berikut ini tips nya memilih pelembab yang sesuai.

Kulit kering pada wajah merupakan salah satu sebab para wanita kurang percaya diri ketika diluar lingkungan. Selain kering, kulit menjadi kasar, kusam atau berkerak juga mengurangi kepercayaan diri.

Penyebab kulit kering, kusam atau lainnya bisa karena udara dingin, udara kotor, ataupun sering terkena paparan AC. 

Oleh sebab itu, banyak kaum hawa mencoba berusaha untuk melembabkan kulitnya. Caranya yaitu dengan menggunakan moisturizer atau pelembab wajah.

Fungsi pelembab wajah yaitu melindungi dan menjaga kulit agar tidak kekurangan cairan, melindungi kulit yang sensitif, memperbaiki sel kulit kering, serta menjaga warna dan tektur kulit tetap alami.

Cara melembabkan kulit wajah bisa dilakukan dengan cara seperti dibawah ini:

Memilih Pelembab yang sesuai dengan jenis kulit

Agar pelembab kulit wajah dapat bekerja secara maksimal, kaum hawa harus memilih produk dengan bahan yang sesuai dengan jenis kulitnya. Karena jika bahan pelembab sesuai maka hasilnya akan lebih bagus dan terasa.

Berikut ini jenis-jenis kulit beserta bahan pelembab kulit wajah yang sesuai:

Kulit normal

Untuk kulit yang normal Anda bisa memilih pelembap berbahan dasar air yang tidak terasa berminyak serta mengandung minyak ringan atau turunan silikon seperti cyclomethicone.

Kulit kering

Pilihlah pelembap kulit dengan bahan dasar minyak (oil-based) serta mengandung bahan yang membantu melembabkan kulit. Seperti contoh pelembap dengan bahan dasar petrolatum yang sangat cocok untuk kulit yang sangat kering atau pecah-pecah. 

Pelembap dengan bahan asam hialuronat urea, dimethicone, gliserin, dan minyak mineral juga sangat baik untuk melembapkan kulit wajah yang kering.

Kulit sensitif

Untuk kulit yang sensitif Anda bisa memilih pelembap yang mengandung chamomile atau lidah buaya. Selain itu juga tidak mengandung zat yang dapat membuat kulit menjadi iritasi seperti asam, wewangian, atau pewarna. 

Pelembap dengan bahan hypoallergenic juga bisa menjadi pilihan karena berisiko lebih kecil untuk menimbulkan reaksi alergi dan iritasi pada kulit Anda.

Kulit berminyak

Untuk kulit yang berminyak carilah produk pelembap dengan bahan dasar air (water-based) yang berlabel noncomedogenic, hal ini agar bahan pelembab tidak menyumbat pori-pori. 

Pelembap dengan bahan alpha hydroxy acid (AHA) merupakan salah satu jenis pelembap yang baik untuk tipe kulit wajah berminyak dan rentan berjerawat. 

Karena tipe kulit berminyak juga tetap membutuhkan pelembap, terutama setelah Anda menggunakan produk perawatan kulit lain yang dapat menghilangkan minyak dan mengeringkan kulit.

Kulit menua

Untuk kulit yang sudah menua karena bertambahnya usia Anda bisa mencari pelembab dengan bahan berbasis minyak yang mengandung petrolatum, antioksidan, atau AHA untuk memerangi keriput. Hal ini dikarenakan kulit menjadi kering akibat produksi minyak yang semakin berkurang.

Cara Melembabkan Kulit Wajah Yang Benar

Cara melembapkan kulit wajah yang benar ada tipsnya. Berikut ini tahapan yang sebaiknya Anda lakukan agar pelembapnya dapat bekerja dengan maksimal:

Mencuci wajah

Cuci wajah menggunakan air bersih dan sabun untuk membersihkan dan menghapus riasan, kotoran, serta keringat yang menumpuk pada wajah Anda.

Mengolekan pelembab ke Wajah

Oleskan pelembap secara merata segera setelah mencuci wajah pada kulit masih lembap, yaitu tidak lebih dari 2-3 menit. Pada kulit yang masih lembab, bahan yang ada di pelembap akan terserap kulit dengan lebih baik dan dapat membantu mengunci air pada kulit.

Oleskan pelembap denga merata ke bagian pipi, dahi, dagu, dan hidung dengan tangan yang bersih. Hal ini berguna untuk mencegah masuknya kotoran dan bakteri serta penyumbatan pori-pori.

Memijat wajah

Pijat dengan lembut wajah Anda, agar pelembap rata dan terserap sempurna pada kulit.

Jangan langsung memakai make up

Tunggu sekitar 2 menit agar bahan pada pelembap menjadi kering dan terserap kulit. Nantinya jika sudah kering saat proses make up tidak sulit.

Hindarkan wajah dari paparan langsung Sinar Matahari

Paparan sinar matahari langsung jangka panjang dapat menyebabkan kulit menjadi kusam, kering, serta keriput. 

Menghindari mandi dengan air panas

Mandi menggunakan air panas terlalu sering dan lama juga tidak baik untuk kulit wajah. Suhu panas dapat merusak kulit wajah sehingga membuat kulit menjadi kering dan kusam.

Hal yang Harus Diperhatikan

Hal penting lainnya yaitu untuk tidak mengoleskan pelembap terlalu banyak atau terlalu sedikit. Karena jika terlalu banyak, kulit akan terlihat mengkilap dan terasa berat, menyebabkan jerawat, dan membuat Anda kesulitan jika dalam menggunakan make up.

Sedangkan jika penggunaan terlalu sedikit, kulit akan merasa kencang, kering, berkerak, pecah-pecah, serta terlihat agak kusam. Namun jika Anda menggunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit, sedikit saja sudah cukup untuk dioleskan ke seluruh wajah dan hasilnya akan terasa.

Gaya hidup yang sehat juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit. Hindari rokok, minuman beralkohol, cukup tidur, konsumsi asupan bergizi dan air putih, serta mengurangi stres agar kulit dapat tetap lembab secara alami.

Demikian artikel mengenai Cara Melembabkan Kulit Wajah dengan Pelembab yang Sesuai dengan Kulit. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang membacanya.

Referensi: https://www.alodokter.com/cara-melembabkan-kulit-wajah-dengan-pilihan-pelembab-berikut-ini

%d blogger menyukai ini: