Belum Ditutup! Jenis-jenis UMKM ini Segera Daftar BLT BPUM 2.4 Juta Rupiah

Bantuan Lansung Tunai (BLT) belum ditutup! Jenis-jenis UMKM ini untuk segera mendaftarkan BLT BPUM 2.4 Juta Rupiah.

Belum Ditutup! Jenis-jenis UMKM ini Segera Daftar BLT BPUM 2.4 Juta Rupiah
Belum Ditutup! Jenis-jenis UMKM ini Segera Daftar BLT BPUM 2.4 Juta Rupiah

Pemerinta Indonesia melalui kementerian Koperasi UMKM masih memberikan waktu untuk pelaku usaha mikro. Batas waktu yang diberikan rencananya akhir November 2020.

Penerima BLT BPUM 2.4 juta juga akan ditambah pada tahun ini. Dikutip dari fixindonesia.com bahwa menurut laporan dari Kementerian Koperasi dan UMKM, pada saat ini telah tercatat sekitar 5,6 juta pelaku usaha mikro yang telah mendapatkan bansos BLT BPUM.

BLT BPUM 2.4 Juta ini menyasar kepada pelaku UMKM yang terdampak covid-19. Hal ini merupakan langkah dari pemerintah untuk memulihkan ekonomi Indonesia.

Kapan BLT BPUM 2.4 Juta akan ditutup?

Menurut berita diberbagai media online, rencananya program ini akan ditutup pada akhir November 2020. Dan kemungkinan akan diperpanjang lagi waktunya sampai akhir Desember 2020 jika kuota belum terpenuhi.

Program yang dibuka pada 13 Oktober 2020 ini begitu heboh dikalangan masyarakat. Karena mereka juga sangat menantikan program ini sebagai suntikan dana dimasa pandemi. Pendapatan yang turun drastis dibeberapa UMKM membuat pengaruh cukup lumayan pada ekonomi nasional.

Banyak sekali animo masyarakat yang berbondong-bondong mendaftarkan bantuan ini. Salah satu bank penyalur yaitu BRI selalu ramai didatangi masyarakat.

Namun sekarang, masyarakat yang melakukan pendaftaran BLT BPUM 2.4 Juta dihimbau untuk melakukan pendaftaran secara online. Karena seringnya terjadi kerumanan, padahal hal ini dihindari pada masa pandemi saat ini.

Lantas bagaimana Cara Mendaftar BLT BPUM Online?

Bagi masyarakat yang masih awam atau masih bingung dengan program ini, jangan khawatir. Berikut ini hal-hal yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan bantuan ini. Berikut ini langkah-langkahnya

  • Akses eform.bri.co.id/bpum untuk cek nomor KTP

Ini adalah langkah awal bagi Anda yang ingin mendapatkan BLT BPUM 2.4 Juta.  Pertama buka smartphone Anda/laptop/komputer. Selanjutnya buka browser/chrome/google. Ketikkan e form bri bpum. Jika Anda lebih paham internet bisa langsung mengetikkan eform.bri.co.id/bpum.

Setelah anda membuka laman diatas, masukkan Nomor KTP atau NIK. Kemudian dibawahnya ketikkan kode verifikasi. Terakhir klik proses inquiry. 

Nantinya akan muncul pesan. Jika pesan berisi Nomor KTP terdaftar, maka langkah yang harus dilakukan adalah mendatangi kantor cabang BRI terdekat. Usahakan datang pada pagi hari agar tidak terjadi antrian yang panjang.

Datang ke kantor cabang BRI dengan membawa KTP asli dan fotocopy KTP. Karena pencairan dana biasanya tidak dilakukan saat verifikasi, mengingat banyaknya data yang masuk. 

Karena itu untuk membawa fotocopy KTP untuk nantinya ditinggal dan nomor telepon. Nantinya pihak BRI akan menelepon guna untuk pencairan dana. Sistem pencairan ini dilakukan untuk menghindari kerumunan serta antrean panjang.

Namun, bagaimana jika pesan yang ditampilkan pada eform.bri.co.id/bpum momor KTP Anda tidak terdaftar? Berikut ini cara mendaftarkannya

  • Cara Daftar Bantuan BLT BPUM Online

Untuk mendaftarkan BLT BPUM secara online, setiap kota memiliki link sendiri-sendiri. Anda bisa membuka Link BPUM ini untuk mengeceknya.

Namun sebaiknya sebelum mendaftarkan, sebaiknya untuk mendaftarkan usaha Anda secara online. Buka app.oss.go.id pada browser atau ketikkan pss login pada google search. Ini adalah laman untuk mendaftarkan ijin usaha umkm.

Cara daftar UMKM di oss bisa di klik link berikut.

Cara Daftar OSS UMKM untuk mengurus perizinan 

Setelah Anda selesai mendaftarkan UMKM, anda akan mendapatkan surat perizinan. Nantinya nomor izin UMKM akan dilaporkan atau dituliskan pada form penerima bantuan BPUM.

Jika sudah mengisi formulir bantuan BPUM, maka Anda tinggal menunggu SMS atau telepon. Jika pendaftaran diterima nanti akan disuruh ke BRI atau bank penyalur lain untuk verifikasi dan pencariran dana.

Agar pendaftaran bantuan BPUM diterima, ada persyaratan wajib yang harus dipenuhi. Yang pertama yaitu bukan berasal dari ASN/PNS, TNI/Polri serta bukan dari pegawai BUMN/BUMD. Yang kedua yaitu tidak sedang dalam penerimaan kredit modal usaha/kerja dari perbankan (unbankable). Yang ketiga memiliki NIK dan warga negara Indonesia (WNI).

Jenis-jenis UMKM yang mendapatkan BLT BPUM

Dikutip dari kompas.com bahwa jenis UMKM yang bisa mendapatkan bantuan BLT BPUM 2.4 Juta adalah usaha mikro dibidang apapun. Contohnya usaha kecil home industry ataupun juga bisa usaha rumahan.

Tidak hanya usaha rumahan saja, pada usaha penjualan makanan, minuman, dan sejenisnya juga bisa mendapatkan bantuan ini, asal usahanya bisa dibuktikan. Untuk membuktikan usaha Anda, bisa membuat surat keterangan ke kelurahan bahwa usaha Anda benar-benar ada dan berjalan.

Kesimpulan

  1. Program bantuan BLT rencana akan berakhir pada akhir November 2020. 
  2. Untuk mengecek data penerima bantuan bisa diakses melalui eform.bri.co.id/bpum
  3. Anda bisa mendaftarkan UMKM agar mendapatkan suran izin usaha melalui app.oss.go.id
  4. Bawa KTP asli dan fotocopy KTP saat pencairan dana bantuan bpum
  5. Semua jenis UMKM bisa berpeluang untuk mendapatkan bantuan

Demikian artikel belum ditutup! jenis-jenis UMKM ini segera daftar BLT BPUM 2.4 Juta Rupiah. Semoga uraian diatas dapat membantu Anda dan juga dapat bermanfaat

%d blogger menyukai ini: