Awas! Pinjaman Online Tanpa KTP Bikin Stress Kepala

  • Whatsapp

Hati-hati dengan rayuan pinjaman online tanpa ktp dan uang pinjaman langsung cair dengan mudah. Cek di website OJK untuk mengetahui kredibilitas pinjaman online yang Anda pilih. Jika salah pilih bukannya untung tapi malah buntung dan bikin stress kepala.

awass-pinjaman-online-tanpa-ktp-bikin-stress-kepala
Awas! Pinjaman Online Tanpa KTP Bikin Stress Kepala

Pinjaman online terus bermunculan sampai saat ini, dengan banyak fitur dan kelebihan yang ditawarkan. Namun masyarakat dihimbau untuk tidak mudah tergiur dengan rayuannya.

Berikut ini hal yang harus Anda pahami sebelum melakukan pinjaman online:

  1. Pahami terlebih dahulu apa itu pinjaman online

  2. Cek Pinjaman online tersebut, apakah sudah terdaftar di OJK atau belum

  3. Pastikan pinjaman online memiliki website resmi dan aplikasi mobile

  4. Buka website resminya, kemudian cari menu FAQ (Frequently Asked Questions) atau pertanyaan yang sering ditanyakan.

  5. Pilih jenis pinjaman yang sesuai dengan keinginan

  6. Pinjamlah sesuai kebutuhan keuangan Anda

Untuk mengetahui lebih jelasnya bisa dibaca keterangan dibawah ini:

Apa itu Pinjaman Online?

Dulunya sebelum era digital ini berkembang, banyak sekali “Bank Keliling” menawarkan pinjaman kepada masyarakat dengan syarat yang mudah namun dengan bunga yang tinggi.

Selain itu, masyarakat juga masih suka meminjam kepada rentenir yang dengan berbagai hal yang sebenarnya lebih menyesatkan.

Namun di era digital ini masyarakat diberikan kemudahan dan keamanan dalam meminjam uang. Mereka yang bergelut dalam bidang ini, terus melakukan inovasi dan pembaharuan yang signifikan.

Salah satunya yaitu dengan digitalisasi. Semua proses dan pengawasan dilakukan secara digital. Dan kini pinjaman online trend dikalangan milenial.

Pinjaman online biasanya dilakukan oleh bank-bank, perusahaan fintech, dan lembaga keuangan.

Dalam pencarian di internet, saat Anda mencari pinjaman online pasti banyak muncul istilah fintech. Lantas apa itu fintech?

Fintech bisa diartikan sebagai bentuk inovasi dalam bidang keungan dengan sentungan teknologi modern. Tujuannya yaitu untuk mempermudah dan mempercepat proses disektor keuangan.

Apakah Pinjaman Online terpercaya atau tidak?

Sebagai masyarakat harusnya lebih hati-hati dalam hal ini. Walaupun meminjam uang secara online diperbolehkan, namun harus selektif dalam memilih penyedia jasanya.

Untuk itu di Indonesia sudah ada badan untuk mengawasi kegiatan keuangan atau finansial yaitu OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Di website resminya sudah diinformasikan bank/perusahan fintech/lembaga keuangan yang legal.

Untuk mengecek daftar penyedia jasa pinjaman online bisa di klik “Daftar penyedia jasa pinjaman online Legal

Apakah Pinjaman Online Wajib Memiliki Website dan Aplikasi?

Untuk memastikan bahwa pinjaman online ini benar-benar real dan bukan tipuan, biasanya masyarakat akan mengecek websitenya dan juga melihat aplikasinya. 

Biasanya diwebsite atau diaplikasinya ditampilkan fitur-fitur dan kelebihannya. Selain itu juga ada pengenalan mengenai penyedia jasa tersebut. Hal yang tidak kalah penting yaitu terdapat tutorial untuk penggunaan.

Baca FAQ (Frequntly Asked Questions)

Ini Penting! dalam FAQ dijelaskan lebih detail hal-hal yang harus dimengerti, dipahami, dipersiapkan, bahkan hal-hal yang nantinya jika dalam proses tidak sesuai dengan yang Anda inginkan. Jawabannya ada di FAQ.

Pada FAQ, Anda juga bisa memahami jenis pinjaman, bunga, tenor, dan hal-hal lain dalam dunia keuangan. Dalam FAQ juka akan dijelaskan persyaratannya, dan salah satunya pasti untuk mengunggah KTP.

Jadi jika persyaratan peminjaman online pada suatu jasa keuangan dengan tidak menggunakan ktp, Anda harap berhati-hati dan cari tahu lebih dalam jasa keuangan tersebut.

Biasanya mereka yang tidak membaca FAQ, akan mengalami kebingungan ataupun salah memutuskan hal yang penting nanti dikedepannya. 

Memilih Jenis Pinjaman

Jenis pinjaman akan berbeda dengan jasa keuangan satu dengan yang lainnya. Karena mereka memiliki strategi bisnis yang berbeda-beda.

Namun yang terkenal dikalangan peminjam yaitu KTA (Kredit Tanpa Anggunan), Kredit Multiguna, dan Pinjaman Syariah. 

Setiap jenis pinjaman akan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Biasanya kelebihan dan kekurangan dijelaskan pada FAQ. Karena itu peminjam dihimbau untuk teliti dalam membacanya agar tidak salah memilih jenis pinjaman onlinenya.

Meminjam Sesuai dengan Kebutuhan

Meminjam adalah hal yang memang diperlukan ketika Anda memang membutuhkan. Hal ini mungkin disebabkan karena ada hal yang mendesak ataupun anda mengalami musibah. 

Namun meminjam uang juga dibutuhkan saat anda ingin mengembangkan bisnis ataupun untuk investasi masa depan.

Dengan alasan demikian tidak serta merta membuat Anda meminjam dengan tanpa perhitungan sebelumnya. Meminjam tanpa perhitungan sama dengan akan merugikan diri sendiri.

Kesimpulannya

Anda sebagai calon peminjam online agar lebih hati-hati dalam memilih penyedia jasa keuangan. Cek di OJK dan berita-berita nasional. Jangan tertipu rayuan maut pinjaman online tanpa KTP. Karena ktp adalah identitas peminjam yang wajib dilampirkan saat peminjaman.

Perhitungkan dengan matang untuk menentukan jumlah uang yang akan dipinjam, serta atur keuangan sebaik mungkin. Jika anda meminjam hanya untuk gengsi dan berfoya-foya, maka hal tersebut akan rugi pada diri anda sendiri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *