Awas Hati-hati Pinjaman Online (Pinjol) Abal-abal! Cek Daftarnya di OJK

  • Whatsapp
jangan-tertipu-pinjaman-online-abal-abal-cek-daftarnya-di-ojk

Awas Hati-hati Pinjaman Online (Pinjol) Abal-abal! Cek Daftarnya di OJK. Karena sekarang lagi marak penipuan berkedok pinjaman online (pinjol).

Sekarang ini kegiatan finansial sudah banyak dibantu dengan digitalisasi. Dan hal ini menjadi marak perusahaan-perusahaan baru membuka jasa pinjaman online.

Banyak iklan-iklan yang beredar memberikan pinjaman online (pinjol) dengan limit banyak dan dengan syarat yang mudah. Bahkan banyak sms yang menyasar ke masyarakat dengan berisikan pinjaman online yang mudah.

Cek daftar pinjaman online legal atau yang berizin di OJK. Sebanyak 158 perusahaan sudah dievaluasi dan di tercatat di OJK.

jangan-tertipu-pinjaman-online-abal-abal-cek-daftarnya-di-ojk
Awas Hati-hati Pinjaman Online (Pinjol) Abal-abal! Cek Daftarnya di OJK.

Berikut daftar pinjaman online legal yang sudah mengantongi izin dari OJK:

Mulai dari Danamas, Investree, Amartha, Dompet Kilat, Kimo, Toko Modal, Uang Teman, Modalku, KTA Kilat, Kredit Pintar, Maucash, Finmas, KlikACC, Akseleran, Ammana.id, PinjamanGo, Koinworks, Pohondana, Mekar, AdaKami, Esta Kapital Finteck, Kreditpro, Fintag, Rupiah Cepat, dan Crowdo.

Ada juga Indodana, Julo, Pinjamwinwin, DanaRupiah, Taralite, Pinjam Modal, Alami, AwanTunai, Invoila, TunaiKita, iGrow, Cicil, Dana Mereka, Cashwagon, Gradana, Findaya, Aktivaku, Danakini, Kredivo, iTernak, Kredito, Crowde, Pinjam Gampang, TaniFund, danaIn.

Baca juga:

Selanjutnya ada Indofund.id, Avante, do-it, danabijak, cashcepet, DanaLaut, Dana Syariah, Telefin, ModalRakyat, KawanCicil, Sanders One Stop Solution, KREDITCEPAT, UangMe, PinjamDuit, PINJAM YUK, EASYCASH, Rupiah One, Danacita, Danadidik, TrustIQ, Danai.id, Pintek, DANAMART, samakita, Saya Modalin, vestia, Singa, MODALUSAHA.ID.

Lalu ada Asetku, danafix, lumbungdana, LAHANSIKAM, Modal Nasional, DanaBagus, ShopeePayLater, iKredo, UKU, PASARPINJAM, Kredinesia, KASPIA, gandengtangan, modal antara, Komunal, ProsperiTree, Danakoo, Cairin, BATUMBU, EMPATKALI, JEMBATANEMAS, klikUMKM, kredible, KLIK KAMI, FinPlus, Digilend, asakita, Duha SYARIAH, qazwa, bsalam, One Hope, LadangModal.

Baca juga:

Adapula, Dhanapala, Restock.ID, SOLUSIKU, Pinjam Disini, Adapundi, Tree+, edufund, FinanKu, TunaSaku, UATAS, dumi, goena, Pundiku, TEMAN PRIMA, OK!P2P, DoeKu, finsy, Mopinjam, BANTUSAKU, KlikCair, AdaModal, kontanku, ikimodal, ETHIS, KAPITALBOOST, PAPITUPI Syariah, Finteck Syariah, Samir, Danon, Mikro Kapital Indonesia, Optima, ArgaPro, MITRA P2P LENDING, BBX FINTECH, 360 KREDI, CANKUL, TOLONGKU, Pinjam KAN, PiNBee, kfund, Ringan, sumur.id, indosaku, SolusiKita, IVOJI, pinjamindo, KOTAKKOIN.

Dikutip dari detik.com ada 1 penyelenggara fintech peer to peer lending yang melakukan perubahan nama, yaitu PT Lufax Technology Indonesia berubah nama menjadi PT Ringan Teknologi Indonesia.

Apakah Aman Melakukan Pinjaman Online?

Pinjaman online akan aman jika perusahaan/badan keuangan yang kita pilih memang benar-benar kredible. Selain itu jangan mudah tergiur dengan iming-iming manis.  Berikut tips agar aman melakukan pinjaman online:

  1. Perusahaan jasa pinjaman Terdaftar di OJK
  2. Perusahaan nya transparan
  3. Memiliki layanan pelanggan yang baik
  4. Produk yang sesuai dengan kebutuhan
  5. Memiliki website resmi dan aplikasi yang aman
  6. Pahami terlebih dahulu Bungan dan Biaya Pinjaman
  7. Meminjam sesuai dengan kemampuan
  8. Baca kontrak pinjaman dengan teliti
  9. Perhatikan saat pengisian data pribadi
  10. Jangan tergiur karena iming-iming
  11. Membaca artikel/berita atau bisa masuk ke forum-forum untuk menanyakan pengalaman orang lain

Link Live Streaming Semifinal BWF World Tour Final 2020

Bagaimana jika tidak bisa membayar cicilan pinjaman online?

Jika pinjaman online tidak segera dilunasi, maka akan ada beberapa konsekuensi yang dihadapkan oleh peminjam. Karena semakin lama maka otomatis jumlah semakin banyak dikarenakan bunga dan denda yang terus berjalan.

Selain itu jika tidak segera melunasi maka mereka akan selalu menghubungi anda menanyakan kapan pembayarannya. Efeknya nanti kamu akan stres bahkan bisa stres berat.

Apakah nantinya bisa kabur jika tidak bisa membayar pinjaman online?

Semua itu nanti tergantung setiap perusahaan. Biasanya sebelum melakukan pinjaman ada syarat, ketentuan/kontrak/perjanjian peminjaman. Jika Anda teliti maka konsekuensi jika kabur akan tertulis di lembar perjanjian dan hal apa yang akan terjadi setelahnya.

Jadi jangan sampai anda berfikir karena melakukan pinjaman online anda bisa kabur jika tidak membayar cicilan pinjaman. Untuk menghindari agar tidak membayar sebaiknya usahakan meminjam sesuai dengan kemampuan.

Buka http //pip.kemdikbud.go.id untuk Bantuan PIP 2021, Ayo Segera Cek NISN Kamu

Coba cari fasilitas peminjaman dengan bunga 0 persen atau bunga yang sedikit. Paling tidak sebelum anda melakukan pinjaman online, usahakan memiliki aset yang nantinya bisa digunakan untuk jaminan untuk anda sendiri jika sewaktu-waktu tidak bisa melakukan pembayar.

Usahakan meminjam secara online untuk keperluan yang memang mendesak atau untuk kepentingan bisnis. Bukan untuk gaya hidup yang berfoya-foya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *