7 Tips dan Trik Setting Whatsapp pada HP, Ayo Ikuti Caranya

7 Tips dan Trik Setting Whatsapp pada HP
7 Tips dan Trik Setting Whatsapp pada HP
7 Tips dan Trik Setting Whatsapp pada HP
7 Tips dan Trik Setting Whatsapp pada HP

7 Tips dan trik setting Whatsapp atau WA pada HP agar lebih privasi dan Aman. Mau tahu caranya? Ikuti terus artikel ini.

Bagi Anda yang masih setia menggunakan Whatsapp, Anda tidak perlu khawatir terkait data Anda. Data anda serta percakapan Anda tetap aman, karena pihaknya sudah mengaplikasikan enkripsi end-to-end.

Whatsapp masih menjadi aplikasi perpesanan terpopuler, apalagi di Indonesia. Walaupun kemaren sempat mendengar kabar tidak bagus mengenai kebijakan privasinya, namun tidak banyak juga pengguna berpindah ke aplikasi lain.

Untuk klarifikasinya Anda bisa baca di Klarifikasi Mengenai Kebijakan Whatsapp 2021, Simak Ulasannya.

Bagi pengguna whatsapp masih belum bisa berpindah ke yang lain antara lain karena beberapa fitur yang memang tidak dimiliki yang lain.

Salah satunya yaitu fitur story dimana fitur ini sangat digemari oleh pengguna Whatsapp. Selain itu tampilan serta kemudahan dalam pemakaiannya menjadikan banyak orang masing enggan untuk berpindah.

Apalagi orang tua sekarang malah banyak berpindah dari sms dan telepon konvensional ke Whatsapp, menjadikan aplikasi ini menjadi wajib terinstal pada HP.

Signal App, Aplikasi Pesan Instan Teraman Saat ini, Ayo Segera Daftar

Tips dan Trik Setting WA

Wa sebenarnya sudah memiliki settingan bawaan atau default. Namun bagi penggunanya bisa untuk merubah settingan itu sesui dengan selera penggunanya.

Lantas apa saja yang bisa diubah? Bagaimana tips dan triknya? Berikut ini beberapa tips dan trik WA yang berguna untuk Anda semua.

Menghilangkan Last Seen atau Status Online

Pada WA memang memiliki fitur pengguna lain dapat melihat status kita baik ketika sedang online atau terakhir onle pada jam sekian.

Agar Anda tidak dikepoin sama pengguna lain atau mungkin pacar Anda hehe, Anda bisa mematikan fitur ini. Cara mematikan fitur last seen adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke menu Setting dengan mengklik tanda titik 3 vertikal pada pojok kanan atas
  2. Kemudian pilih menu Account
  3. Pilih Privacy
  4. Pada bagian Last seen Anda klik dan pilih sesuai dengan pilihan Anda.
  5. Anda bisa memilih Everyone jika status online Anda bisa dilihat semua orang
  6. Anda juga bisa memilih My contacts jika status online nya hanya kontak yang terdaftar pada perangkat yang ingin melihat
  7. Namun jika tidak ingin semua orang sama sekali melihat status online Anda, pilih Nobody

Jika Anda memilih Nobody, status Last Seen Anda tidak terlihat oleh semua orang, namun Anda juga tidak bisa melihat status Last seen pengguna lain.

Klarifikasi Mengenai Kebijakan Whatsapp 2021, Simak Ulasannya

Menghilangkan Centang Biru

Jika pada WA jika kamu mengirim pesan akan memiliki tanda centang. Centang 1 menunjukan bahwa pesan tidak terkirim atau bisa penerima tidak aktif atau di blokir.

Jika pesan menandakan centang 2, maka pesan sudah terkirim kepada penerima namun belum dibaca.

Jika pesan menandakan centang dua warna biru, maka pesan tersebut sudah terkirim dan sudah dibaca oleh penerima.

Namun kadang Anda juga ingin membaca pesan WA namun tidak ingin pengirim mengetahui bahwa pesan tersebut sudah dibaca. Anda bisa menonaktifkan fitur tersebut. Untuk caranya yaitu:

  1. Masuk ke menu Settings
  2. Pilih menu Account
  3. Pilih menu Privacy
  4. Pada bagian Read Receipts Anda geser tombol pada sebelah kananya menjadi NonAktif

Mengubah Tema Whatsapp ke Dark Theme

Sekarang ini tema dengan latar belakang gelap atau lebih terkenalnya Dark theme menjadi trend. Apalagi untuk kaum muda-mudi.

Sekarang Whatsapp juga sudah memberikan pilihan untuk tema dalam aplikasinya, yaitu ada Light dan Dark. Untuk mengubahnya Anda bisa mengikuti langkah dibawah ini.

  1. Masuk menu Setting
  2. Pilih menu Chats
  3. Pada Display pilih menu Themes
  4. Centang Dark
  5. Latar belakang WA akan berubah menjadi Gelap

Mengatur Penyimpanan Whatsapp

Pada WA media yang dikirim akan tersimpan baik pada perangkat pengirim maupun pada perangkat si penerima. Karena itu membuat pengguna WA kadang mengeluhkan memori pada perangkatnya mudah penuh.

Untuk mengatasi hal demikian, Anda bisa mengatur penyimpanannya agar memori Anda tidak penuh. Caranya adalah:

  1. Masuk ke Setting
  2. Kemudian pilih menu Storage and Data
  3. Pada Media auto-download Anda bisa menonaktifkan semuanya, mulai dari When using mobile data, When connected on Wi-Fi, When Roaming. Pada pilihan hilangkan centang paada Foto, Video, Audio, Documents. Nantinya Anda jika ingin melihat pesan gambar atau video tinggal mendownload manual.

Mengapus Pesan Otomatis /Disappearing Messages

Fitur ini terbilang cukup baru pada WA, namun fitur juga sangat penting untuk keamanan dan privasi. Untuk mengaktifkan fitur ini caranya adalah sebagai berikut

  1. Pilih salah satu Percakapan Anda
  2. Kemudian pada Bar atas tekan Nama Kontak atau bisa juga tekan icon titik 3 vertikal pada pojok kanan atas kemudian klik View Contact
  3. Scroll ke bawah dan tekan pada Disappearing Messages
  4. Pilih On untuk mengaktifkannya
  5. Untuk saat ini pada Whatsapp penghapusan otomatisnya tidak bisa diubah durasinya. Pihaknya memberikan waktu otomatis menghapus pesan setelah 7 hari.

Signal vs Telegram vs Whatsapp Siapa yang Paling Aman? Ayo Simak Faktanya!

Menyembunyikan Status atau Story Dari Kontak

Fitur yang membuat para pengguna WA sangat betah yaitu adanya fitur Story. Fitur ini memang menjadi daya tarik para penggunanya. Pada Story Anda bisa membagikan teks, Foto, link, Video dan lainnya.

Namun ketika Story Anda tidak ingin terlalu dipublikasi oleh banyak orang, Anda bisa menyetingnya secara manual. Caranya adalah sebagai berikut

  1. Masuk ke Tab Status
  2. Tekan tanda titik 3 vertikal pojok kanan atas
  3. Pilih Status Privacy
  4. Disitu akan tersedia 3 pilihan yaitu My Contacts, berarti status atau story akan terlihat kepada semua kontak yang tersimpan
  5. Pilihan kedua yaitu My Contacts Except…, pilihan ini berarti Anda memberi pengecualian kepada satu atau lebih kontak yang tidak ingin Anda perlihatkan.
  6. Pilihan ketiga yaitu Only Share with …, pilihan ini berarti Anda hanya membagikan status atau story pada kontak pilihan Anda.
  7. Setelah itu tekan Done untuk menyimpannya

Mengamankan Whatsapp dengan 2 Langkah Verifikasi

Fitur ini sangat berguna sekali untuk keamanan pada Whatsapp Anda. Nantinya fitur ini mengamankan Anda ketika pihak lain ingin membajak WA Anda.

Cara mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah sebagai berikut

  1. Masuk ke Settings
  2. Pilih menu Account
  3. Pilih menu Privacy
  4. Kemudian pilih Two-step Verification
  5. Pilih Enable
  6. Masukkan 6 digit PIN
  7. Kemudian ulangi lagi mengetikkan 6 digit PIN
  8. Masukkan alamat Email untuk pemulihan atau mereset PIN nantinya
  9. Ketikkan ulang alamat Email
  10. Terakhir tekan Save untuk menyimpan perubahan

Penutup

Demikian mengenai artikel 7 Tips dan Trik Setting Whatsapp pada HP. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mengetahui tentang tips dan trik settingan pada Whatsapp. Kritik dan saran bisa disampaikan melalui email balikbatublog@gmail.com. Agar artikel Balikbatu bisa konsisten dan memberikan informasi yang faktual. Sekian terima kasih.

 

%d blogger menyukai ini: