5 Hal Pokok yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Slide Presentasi untuk Ujian

Berikut ini 5 hal pokok dan wajin diperhatikan dalam membuat slide presentasi sebelum melaksanakan ujian. Anda harus teliti dan memahami isi dari presentasi tersebut.

5 Hal Pokok yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Slide Presentasi untuk Ujian
5 Hal Pokok yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Slide Presentasi untuk Ujian

Presentasi adalah hal penting untuk menyampaikan penjelasan materi Anda namun dengan hal yang menarik dan ringkas.

Presentasi juga banyak dilakukan ketika akan memulai ujian apalagi ujian skripsi atau lainnya. Mereka akan disuruh untuk melakukannya sebagai bentuk untuk menjelaskan secara lisan apa yang dibuat dalam skripsi atau lainnya.

Selain dalam ujian, dalam bisnis pun banyak memakai presentasi. Biasanya mereka melakukannya untuk mempromosikan bisnis atau idenya. Untuk menarik audience atau klien pastinya presentasi dipersiapkan dan dilakukan dengan matang.

Karena itu disini akan dibagikan 5 hal pokok yang harus diperhatikan dalam membuat slide presentasi, khususnya untuk presentasi ujian.

1. Pilihlah template presentasi yang sesuai dengan tema ujian

Pemilihan template presentasi juga akan berpengaruh pada presentasi Anda. Mengapa demikian? Fungsi utama presentasi adalah membantu Anda dalam melakukan penjelasan.

Jika pada presentasi tidak sesuai dengan tema Anda, pendengar atau penguji akan kurang fokus pada presentasi, dan akan fokus pada paper Anda.

Sehingga nantinya akan ada banyak pertanyaan yang diajukan oleh penguji untuk Anda. Jika file atau slide presentasi Anda menarik akan ada poin utama jika penguji memperhatikan presentasi.

2. Gunakan gambar atau icon yang sesuai dan menarik

Menggunakan gambar atau ikon akan lebih disukai daripada penggunaan teks yang panjang. Karena mereka pendengar dalam presentasi akan tertarik dengan gambar serta diperjelas dengan pemaparan Anda.

Namun dalam pemilihan gambar atau ikon juga harus memperhatikan materi apa yang disampaikan. Jangan sampai materi dengan gambar tidak se topik. Hal ini akan membuat tidak menarik dimata pendengar.

3. Jangan membuat slide yang berisi teks panjang

Hindari membuat slide dengan teks yang panjang. Karena dalam slide tempat nya terbatas, jika teks terlalu panjang akan mengurangi ukuran font. 

Jika ukuran font terlalu kecil akan sulit untuk dibaca dari jarak jauh. Apalagi dalam pemilihan font dan warna tidak tepat. Maka akan membuat tidak menarik presentasi tersebut.

Selain itu banyak teks panjang akan membuat penguji malas untuk memperhatikan slide Anda. Karena terlalu panjang dan font kecil akan membuat mata cepat lelah dan mudah mengantuk.

Maka dari itu, efisiankan teks. Susun kalimat yang efisian dan dapat dipahami tentunya. Karena dalam isi presentasi hanyalah inti. Untuk detailnya adalah dari pemaparan orang yang melakukan presentasi.

4. Pilih bahasa atau kalimat yang mudah dipahami

Pemilihan bahasa atau kalimat yang ribet atau kurang jelas, akan membuat maateri kurang dipahami. Kadang anda sebagai presentator akan kebingungan ditengah-tengah presentasi.

Selain itu jika kalimat yang belibet akan menjadi bumerang bagi Anda. Kenapa demikian? Anda akan dicerca dengan banyak pertanyaan karena membuat kurang paham pada sisi penguji.

Karena itu pilihlah bahasa yang sederhana, singkat, padat, dan mengenai inti dari materi yang Anda sampaikan. Dengan demikian anda akan percaya diri saat menyampaian presentasi didepan penguji.

5. Berikan link agar lebih fleksibel

Buatlah link setiap slide. Kenapa demikian? Link akan sangat berguna jika Anda akan ke slide yang bukan slide berikutnya. Atau kembali ke slide yang bukan sebelumnya.

Jika tidak ada link, anda akan membutuhkan waktu lama untuk mencari materi tertentu pada slide ke berapa. Jika terdapat slide maka akan lebih fleksibel sebuah presentasi itu.

Demikian artikel mengenai 5 hal pokok yang harus diperhatikan dalam membuat slide presentasi untuk ujian. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

%d blogger menyukai ini: